CARA MEMBUAT BOLU KUKUS MEKAR LEMBUT TANPA SODA


CARA MEMBUAT BOLU KUKUS MEKAR LEMBUT TANPA SODA
CARA MEMBUAT BOLU KUKUS MEKAR LEMBUT TANPA SODA
CARA MEMBUAT BOLU KUKUS MEKAR LEMBUT TANPA SODA | NASI KOTAK SURABAYA
Bolu kukus mekar merekah juga dikenal dengan bolu kukus 10 menit karena lamanya waktu saat mengukusnya. Variasi warna-warni pada tampilannya bahkan dengan perpaduan warna pelangi menjadikan kue basah jajanan pasar tradisional ini lebih sedap dipandang. Bagi yang sudah terbiasa, cara membuat bolu kukus merupakan hal yang sangat mudah.

Bolkus akan mekar sempurna dan bertekstrur lembut karena mereka telah memahami rahasia resep atau tips dan trik dalam proses pembuatannya. Berbeda halnya bagi kita yang pertama kali ingin mencoba membuatnya sendiri atau pemula, diperlukan informasi yang mendetil serta perlu membiasakan diri untuk mendapatkan bolu kukus yang mekar dan lembut karena banyak faktor yang dapat mempengaruhinya. Untuk membuat bolu kukus yang mekar dengan baik biasanya menggunakan sprite atau air soda sehingga lebih mudah membuatnya, tetapi berikut ini dibagikan resep adonan kue bolu kukus mekar tanpa soda juga yang mudah dan sederhana sehingga bisa dijadikan dasar untuk kreasi dan variasi bolu kukus mekar lainnya.

Bahan membuat bolu kukus mekar tanpa soda :
  • 1 butir telur
  • 200 gram gula pasir
  • pasta dengan aroma sesuai selera
  • 200 ml susu cair
  • 1 sdt tbm emulsifier
  • 250 gram tepung terigu segitiga
CARA MEMBUAT BOLU KUKUS MEKAR TANPA SODA :
  1. Campurkan semua bahan lalu aduk adonan dengan mixer kecepatan rendah sampai adonan mulai tercampur. Selanjutnya naikkan kecepatan secara bertahap sampai kecepatan tinggi hingga adonan rata, mengembang dan kental atau sekitar 10 menit. Coba angkat mixer maka adonan akan berjejak atau jatuhnya sangat perlahan karena kental.
  2. Pisahkan adonan menjadi beberapa bagian untuk diberi pewarna dan aduk rata. Sementara itu panaskan kukusan dengan air yang tidak terlalu banyak sampai benar-benar mendidih.
  3. Siapkan cetakan bolu kukus, saya gunakan yang berlubang dan lapisi dengan cup kertas yang sama tinggi dengan cetakan. Tuang adonan dengan kombinasi warna sesuai selera, hasil di atas dengan cara mengisi adonan tidak sampai penuh tetapi bisa juga sejajar dengan cetakan untuk hasil yang lebih mekar.
  4. Masukkan cetakan ke dalam kukusan yang sudah panas dan beri jarak. Sesuaikan saja dengan kapasitas kukusan yang ada karena tidak masalah bila adonan yang lain dibiarkan menunggu giliran. Alasi tutupnya dengan kain atau serbet kemudian kukus di atas api besar selama 10 menit. Silahkan buka tutupnya jika 10 menit sudah berlalu dan lihat hasilnya, semoga berhasil dan bisa menjadi 18 buah bolu kukus yang mekar.
Sebagai perbandingan, di bawah ini juga dibagikan cara membuat bolu kukus mekar sprite atau dengan air soda. Resep ini membuat tekstur bolu kukus menjadi semakin lembut dan empuk, sehingga bisa juga menjadi alternatif atau variasi bolu kukus yang enak.
RESEP BOLU KUKUS MEKAR SPRITE
Bahan :
  • 140 gram tepung terigu
  • pasta aroma sirsak , jeruk dan pandan
  • 110 ml sprite atau minuman bersoda
  • 100 gram gula pasir
  • 1 butir telur ayam
  • 1/4 sdt vanili essens
  • 1/4 sdt baking powder
  • 1 sdt tbm (emulsifier)
CARA MEMBUAT BOLU KUKUS MEKAR SPRITE :
  1. Campurkan gula pasir, telur dan tbm kemudian kocok dengan mixer kecepatan tinggi hingga kaku dan kental sekitar 10 menit.
  2. Masukkan campuran terigu dan baking powder, ayak dahulu agar tidak bergumpal. Masukkan vanili essens lalu tuangkan sprite dan aduk perlahan. Kocok lagi dengan mixer sebentar saja hingga adonan tercampur rata.
  3. Ambil masing-masing 3 sendok makan adonan untuk pasta jeruk dan pandan sedangkan sisanya adonan putih dengan pasta sirsak, aduk rata.
  4. Tuang adonan putih ke dalam cetakan bolu kukus yang sudah dilapisi cup kertas dan lanjutkan dengan sedikit adonan warna lainnya sampai penuh atau sejajar dengan cetakan.
  5. Kukus selama 10 menit dengan api besar, tutup kukusan dengan dialasi kain serbet agar uap air tidak ada yang menetes ke kue. Buka tutup kukusan setelah 10 menit, hasilnya bisa menjadi 8 pcs bolu kukus mekar.
Selamat Memasak!. .
Semoga artikel CARA MEMBUAT BOLU KUKUS MEKAR LEMBUT TANPA SODA PLUS RESEP dari NASI KOTAK SURABAYA dapat bermanfaat untuk kalian semua.

---------------------
Jika kalian membutuhkan pelayanan Nasi Kotak, Nasi Bungkus, untuk event dan Acara apapun, baik pernikahan, sunatan, dan sebagainya, silahkan langsung kontak Costumer Service kami.
Terima kasih

Arsip Blog