Resep Sambal Pecel Madiun


Resep Sambal Pecel Madiun

Resep Sambal Pecel Madiun
Kalau menyantap Bumbu Pecel Khas Madiun apa sih sebenarnya yg buat masyarakat ketagihan? Pecel kan semata-mata dicipta dalam sayuran yg direbus & disiram dengan bumbu kacang, apa istimewanya? Sebenarnya benar pecel merupakan sayuran yg direbus & disiram bumbu kacang, tapi ada salah 1 pecel yg rasanya paling lezat, lebih lagi bumbu kacangnya, adalah pecel madiun.
Pecel madiun telah terkenal kelezatan bumbunya. Bumbu pecel madiun itu pada umumnya memang sama dgn pecel lain, terbuat dalam kacan tanah. Tetapi bumbu pecel madiun diracik dengan bumbu khas asli madiun yg menambah kelezatannya.

Pecel merupakan makanan yang melimpah diminati oleh keseluruhan orang. Pecel ada di berbgai lokasi dengan ciri khas serta cita rasa masing-masing. Tetapi para penggemar pecel kini besar yang ingin merasakan kenikmatan pecel khas madiun. Pecel madiun sudah diwarisi semenjak jaman dahulu oleh penduduk madiun. Pecel madiun ini kebanyakan sama dengan pecel yang ada di kawasan lain, berbahan dasar sayuran, meskipun yang membedakannya ialah tambahan sambal pecel yang memperbanyak kelezatan pecel madiun.

Bumbu Pecel Khas Madiun kini sudah padat dijual pada kemasan siap saji. Perihal ini sebab peminat pecel madiun semakin tinggi dan ramai orang mulai membuka usaha melalui menjual sambal pecel madiun. Apabila bumbu pecel yang normal sih sudah biasa, tapi trik dengan sambal pecel madiun? Memang sedikit beda, pecel madiun disantap dengan sambal yang pedas, gurih serta lezat. Tidak kebayang kan bagaimana rasanya dech karena di racik dengan menggunakan bumbu bumbu spesial yang amat khas.


Resep sambal pecel yang paling enak adalah khas madiun dan hari ini dapat ibu2 temukan resepnya melalui blog sederhana ini. Kalau kemarin kita membuat beragam resep masakan serta minuman nah untuk hari ini kita sajikan yang sedikit kering bumbu sambel / sambal pecel.. hehe..

Resep Bumbu Sambal Pecel Khas Madiun
Resep Sambal Pecel


Sambal pecel buatan sendiri tentunya akan lebih enak karena kita dapat memilih bahan yang terbaik, khususnya kacang tanahnya termasuk tingkat kematangan pada saat menggorengnya. Resep sudah bagus, tapi pengerjaannya asal-asalan hasilnya juga kurang enak. Sama seperti sambal bawang (resepnya ada juga lho) ataupun yang lainnya, pengolahan semuanya diulek. Biar lebih enak langsung kita lihat resep plus cara membuat sambal pecel enak khas madium dilanjutkan cara penyajian nasi pecel

Bahan-bahan resepnya:

    ¼ Kilogram kacang tanah (berkulit), digoreng
    1 sendok makan air asam
    400 ml air hangat


Bumbu sambal pecel (dihaluskan):

    75 gram gula merah, sisir halus
    4 buah cabe keriting
    5 buah cabe rawit
    5 centimeter kencur
    5 siung bawang putih
    1 sendok teh terasi (opotional)
    ½ sendok makan garam
    5 lembar daun jeruk purut, buang tulang daunnya


Cara membuat sambal pecel
  1. Langkah pertama kita siapkan dahulu bumbu halus, kemudian masukkan kacang tanah dan haluskan sampai lembut atau hampir lembut sesuai selera
  2. Tambahkan air asam jawa 1 sendok makan saja (perpaduan antara 1 sendok teh asam jawa - 2 sendok makan air), aduk rata
  3. Terakhir tambahkan air putih hangat, aduk lagi sampai merata
  4. Selesai sudah

Untuk menikmati nya hasil resep tersebut, kita perlu beberapa jenis sayuran rebus ataupun hanya diseduh air panas, diantaranya :

    Kacang panjang, potong2 –rebus
    Bayam, siangi – rebus
    Kol, iris kasar – rebus
    Tauge, baung akarnya – seduh


Cara menyajikan nasi pecel :

    Ambil sepiring nasi, tata sayuran diatasnya yang telah disiapkan
    Siram dengan bumbu pecelnya
    Siap dinikmati bersama rempeyek kacang


Nah itulah resepnya, kalau mau praktis dan cepat bisa membelinya di NasiKotakSurabaya.Com.
Ok selamat mencoba resep sambal pecel dan menikmati hasilnya.. makasih

Nasi Kotak Surabaya | 0821 390 63541

Related Post
Jual Bawang Goreng
Sambal Pecel Madiun