Resep dan Cara Membuat Kue Wingko


Resep dan Cara Membuat Kue Wingko

Resep dan Cara Membuat Kue Wingko
Wingko atau sering disebut juga Wingko babat adalah makanan tradisional khas Indonesia. Wingko adalah sejenis kue yang terbuat dari kelapa dan bahan-bahan lainnya. Wingko sangatlah terkenal di pantai utara pulau Jawa. Kue ini sering dijual di stasiun kereta api, stasiun bus atau juga di toko-toko kue. Di pulau Jawa, Wingko juga sering menjadi oleh-oleh untuk keluarga, yang menjadikan kue ini terkenal.

Wingko biasanya berbentuk bundar dan agak keras serta biasa disajikan dalam keadaan hangat dan dipotong kecil-kecil. Wingko dapat dijual dalam bentuk bundar yang besar atau juga berupa kue-kue kecil yang dibungkus kertas. Kombinasi gula dan kelapa menjadikan kue ini nikmat. Harga kue ini dapat bervariasi tergantung tempat menjualnya dan merek wingko ini.

Wingko yang paling terkenal dibuat di Semarang. Ini menyebabkan banyak orang yang mengira bahwa wingko juga berasal dari kota ini. Meskipun demikian, wingko babat sebenarnya berasal dari Babat. Ini adalah daerah kecil di Lamongan, Jawa Timur. Babat terletak di dekat Bojonegoro, Jawa Timur yang terkenal akan kayunya dan karena baru saja ditemukan sumber minyak di daerah ini.

Di Babat, yang merupakan kota kecil dibandingkan dengan Semarang, Wingko memiliki peranan penting bagi pertumbuhan ekonomi daerah ini. Ada banyak perusahaan penghasil wingko yang memperkerjakan banyak orang. Kelapa yang digunakan untuk bahan wingko ini diambil dari daerah-daerah sekitar tempat ini.

Saat ini wingko adalah makanan yang terkenal di Babat dan Semarang dengan berbeda merek dan besar yang dijual. Banyak Wingko yang saat ini masih menggunakan nama Tionghoa.

kalau anda memang penggemar kue ini, ada dua macam jenis Wingko yang cukup terkenal, yaitu Resep Wingko Babat Semarang dan Wingko Babat Lamongan Resep. Tetapi sebenarnya kedua resep tersebut mempunyai bahan bahan dan cara membuatnya yang bisa dibilang hampir sama. Hasil jadi kue versi Semarang dan versi Lamongan pun mirip dan serupa.

Kue asli Indonesia yang berasal dari campuran tepung ketan, tepung kanji dan parutan kelapa ini memang enak dan mempunya cita rasa yang khas sehingga banyak penggemarnya. Dengan bentuk yang lumayan kecil dan rasa yang legit, Wingko Babat merupakan salah satu oleh oleh yang cukup terkenal di kota Semarang. Rasanya kurang pas kalau berkunjung atau melewati ibukota Propinsi Jawa Tengah tanpa mencicipi kue ini. Oleh karena itu, buat teman teman yang kangen dengan kue ini, kami ajak untuk membuat resep Wingko Babat Semarang sendiri di rumah.

Bahan bahan Resep Wingko Babat Asli Semarang
  • 500 gram Tepung Ketan yang sudah di ayak halus.
  • 350 gram Gula Pasir Putih, jangan gunakan gula pasir yang berwarna kekuningan karena jenis gula ini masih memiliki aroma tebu yang cukup kuat.
  • Tepung Kanji atau tepung tapioka sebanyak 50 gram.
  • Satu butir Kelapa yang cukup tua diparut dan diambil santan kentalnya sekitar seperempat liter.
  • parutan kelapa muda sebanyak kurang lebih 350 gram.
  • 1 pcs daun pandan segar (dibentuk simpul waktu memasaknya nanti).
  • 1 sendok besar atau sendok makan margarin.
  • Setengah sendok kecil atau sendok teh garam dapur halus beryodium.
  • Setengah sendok teh vanili (bisa memakai yang model bubuk atau pasta)
  • Bahan untuk olesan berupa 1-2 butir kuning telur di campur dengan setengah sendok makan margarin.
  • Kertas minyak atau daun pisang untuk alasnya nanti.
Cara membuat Resep Wingko Babat Enak
  • Ambil satu panci untuk merebus 250 ml santan kental, setengah garam dapur dan 350 gram gula pasirnya. Aduk semua bahan sampai mendidih.
  • Masukkan daun pandannya. Aduk lagi sampai semua bahan sedikit emngumpal dan agak kental.
  • Ambil satu wadah yang ukurannya cukup besar untuk adonan utama. Masukkan 500 gram tepung ketan, tepung kanji, bubuk vanili, margarin dan 350 gram kelapa parutnya. Campur semua bahan sampai rata.
  • Masukkan sedikit demi sedikit santan dari langkah pertama sambil tetap di aduk. Ulangi sampai santan habis dan adonan sedikit berminyak dan kalis.
  • Ambil loyang yang akan dipakai untuk cetakan Kue Wingko Kelapanya. Alasi terlebih dahulu dengan daun pisang atau kertas minyak yang sudah disiapkan. Ratakan adonan supaya hasilnya nanti bagus.
  • Panaskan oven sampa mencapai suhu 160-170 derajat. Masukkan loyang adonan kedalamnya sampai setengah matang. Olesi kue setengah matang dengan bahan olesannya dan panggang lagi sampai matang dan berwarna kuning kecoklatan.
Setelah matang, angkat dan tunggu Wingko Babatnya dingin terlebih dahulu sebelum dipotong. Anda bisa memotongnya dengan bentuk bundar, persege empat atau bentuk apa saja sesuai dengan kreasi anda sendiri. Bagaimana menurut teman teman cara membuat Resep Wingko Babat di atas? Cukup mudah dan tidak terlalu ribet kan, bahkan untuk orang awam yang tidak hobi memasakpun pasti dengan mudah membuat resep ini

Pemesanan KUE WINGKO SURABAYA :
Jika Anda sibuk, tak sempat membuat sendiri Kue Wingko | Kue Wingko Surabaya, bisa pesan kepada kami. Sudah tentu kami senang melayani Anda.
Pemesanan minimal adalah 100 biji Kue Wingko Surabaya, dengan harga @ Rp 2.500,-. Pemesanan bisa kami layani paling lambat adalah H-2, dengan menyerahkan DP 60 % dari harga total. Pemesanan bisa bersamaan dengan kue basah surabaya yang lain dengan harga seperti pada DAFTAR HARGA KUE BASAH yang ada di blog kami ini.


Contact : Pak Taufiq | Call Only : 031-7062.7062 | SMS Only : 085631.44.665


Silahkan lihat produk kue kami yang lain disini

Related Post
TAHU BOLA
KUE WAFFLE MINI