CARA MEMBUAT KUE PANDAN SPONGE


CARA MEMBUAT KUE PANDAN SPONGE
CARA MEMBUAT KUE PANDAN SPONGE



Pandan Sponge Cake

Bahan
  • 160 gr tepung terigu serbaguna/protein sedang, ayak **
  • 90 ml santan sedang-kental (dari 30-40 ml santan kental kara yang diencerkan dengan air) ***
  • 3/4 sdt pasta pandan, atau secukupnya
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdt vanila bubuk
  • 4 butir telur, suhu ruang *
  • 160 gr gula pasir
  • 60 ml minyak sayur

* untuk mempercepat telur mengembang baik, kadang saya rendam dulu telur pake air anget. Telur mengembang baik di suhu hangat ~40C
** untuk hasil yang lebih lembut lagi, bisa gunakan cake flour/tepung terigu protein rendah. Atau bisa juga dengan menambahkan sejumlah maizena (dan mengurangi porsi terigunya)
contoh: ganti 160 gr terigu menjadi [130 gr tepung terigu + 30 gr tepung maizena]
*** sebaiknya tidak dingin dari kulkas, hangatkan sebentar dengan microwave kurang lebih 30 detik. Kalo dingin biasanya trus susah nyampur sempurna di adonan

CARA MEMBUAT KUE PANDAN SPONGE
CARA MEMBUAT KUE PANDAN SPONGE


Cara membuat
1. Panaskan oven 150 C. Alasi loyang bulat diameter 18 cm tinggi 7 cm dengan baking paper (bagian bawahnya saja). Kalo pake loyang yang bongkar-pasang, biarkan tanpa alas dan olesan. Sisihkan
2. Kocok telur dengan handmixer kecepatan 3 (sedang). Saat mulai berbuih/berbusa dan putih, tambahkan gula pasir sedikit demi sedikit sambil terus dikocok. Teruskan mengocok hingga kental berjejak (dengan handmixer saya butuh 7-10 menitan). Tambahkan garam dan vanila bubuk, kocok rata. 
3. Masukkan tepung dengan cara diayak, 3 tahap. Tiap kali dimasukkan, aduk balik dengan spatula hingga tercampur rata. (bisa juga pake mixer kecepatan terendah, sebentar saja)
4. Masukkan minyak dan santan sedikit demi sedikit, tambahkan sekalian juga pasta pandan kemudian aduk balik dengan spatula (bisa juga pake mixer kecepatan terendah, sebentar saja). Pastikan tidak ada yang tertinggal di dasar mangkok.
5. Tuang adonan ke loyang perlahan. Hentak-hentakkan loyang supaya gelembung udara yang terperangkap hilang. 
6. Panggang selama 30 menit di suhu 150C, kemudian naikkan suhu jadi 160C. Panggang lagi 25-30 menit, atau hingga tusuk gigi dimasukkan keluar bersih.
7. Keluarkan dari oven, hentakkan di atas meja (ini katanya mengurangi penyusutan). Balik loyang sekitar 5 menit di atas rak kawat kemudian segera keluarkan dari loyang, dinginkan cake di atas rak kawat.
Potong setelah benar-benar dingin untuk mendapatkan hasil irisan yang rapih..  

Selamat Memasak!. .
Semoga artikel CARA MEMBUAT KUE PANDAN SPONGE PLUS RESEP dari NASI KOTAK SURABAYA dapat bermanfaat untuk kalian semua.

---------------------
Jika kalian membutuhkan pelayanan Nasi Kotak, Nasi Bungkus, untuk event dan Acara apapun, baik pernikahan, sunatan, dan sebagainya, silahkan langsung kontak Costumer Service kami.
Terima kasih